Tips Merawat Water Heater Agar Lebih Tahan Lama

tips-merawat-water-heater-lebih-tahan-lama

Merawat pemanas air merupakan hal yang penting dilakukan agar pemanas air dapat bekerja secara maksimal. Bagaimana tidak? Alat pemanas air perlu diperhatikan secara khusus melalui perawatan-perawatan yang khusus pula. Simak empat tips ini untuk merawat pemanas air di rumah Anda.

1. Pastikan Air yang Digunakan Adalah Air Bersih
Secara ideal, air yang dipakai untuk sebuah pemanas air merupakan air yang baku, yaitu air yang tidak mengandung kapur, garam, lumpur, pasir, dan batu. Mengapa demikian? Hal tersebut dapat menyumbat saluran air di setiap rumah. Lalu, penggunaan air yang memiliki tangki penampungan akan merusak kondisi tangki tersebut. Kotoran tersebut pun bertendensi untuk menumpuk dan membuat kebocoran di dalam tangki. Hal tersebut mungkin saja terjadi walaupun di dalam tangki penampungan sudah terdapat magnesium anoda.

2. Rutin Melakukan Perawatan Minimal Sekali dalam Satu Tahun
Pemanas air di rumah Anda harus dibersihkan minimal satu tahun sekali. Panggil teknisi yang telah ahli dan berpengalaman untuk melakukan pengurasan air yang ada di dalam tangki pemanas air. Hal ini dilakukan agar kotoran yang mengendap di tangki pemanas air dapat disingkirkan.

3. Lakukan Penggantian Magnesium Anoda Setiap 2 Tahun Sekali
Magnesium anoda dapat digunakan untuk membersihkan kotoran-kotoran yang ada di dalam pemanas air. Magnesium anoda ini dapat Anda taruh di dalam air boiler, heat exchanger, evaporator boiler, dan seterusnya. Magnesium anoda dapat melembutkan air, mendekontaminasi, serta dapat memperpanjang usia ketahanan pemanas air. Penggunaan magnesium anoda secara luas digunakan dalam pemanas air untuk perlindungan korosi dan karat sekaligus untuk memperanjang umur.

4. Bersihkan Seluruh Sambungan
Setelah semua selesai dibersihkan, jangan lupa untuk memeriksa semua sambungan mulai dari pipa hingga jalur listriknya. Pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui dan mengatasi kebocoran apabila terjadi. Pengecekan ini dilakukan juga untuk memastikan pipa dan arus listrik masih bekerja secara normal dan maksimal.

Dengan mengetahui empat tips tersebut, kini Anda bisa memulai untuk memberikan perawatan dan perhatian khusus bagi pemanas air di rumah. Anda dapat melakukan perawatan dan tips di atas sendiri, tetapi Anda juga dapat menghubungi kami untuk melakukan perawatan pada pemanas air yang Anda miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan? Chat Kami

Main Menu