Pemanas Air Tenaga Matahari

150 HF Ibu Theresia

Hai Sobat Hangat,

Kali ini PAI akan menyampaikan secara detail cara kerja pemanas air tenaga matahari atau lebih dikenal dengan solar water heater dan juga jenis jenis solar water heater itu sendiri, namun untuk jenis solar water heater kami akan bahas di artikel selanjutnya ya guys. so sebelum anda membaca artikel ini, ada baiknya anda subscribe website ini dan dapatkan info info menarik dan promo spesial seputar water heater.

Cara Kerja Pemanas Air Tenaga Matahari :

Pemanas air tenaga matahari ini diciptakan sudah cukup lama sekali, alat pemanas ini diciptakan karena energi matahari yang sampai kebumi bisa dimanfaatkan baik dari cahayanya ataupun panasnya. nah untuk alat pemanas air ini tentu panas matahari yang dimanfaatkan, bagaimana cara kerjanya? berikut ini kami sampaikan cara kerja alat pemanas air dengan tenaga matahari .

Pertama tama kami akan menyampaikan bagian bagian terpenting dalam alat pemanas air tenaga matahari ini, bagian utama nya adalah Tangki Air yang berfungsi sebagai storage (penampungan air panas) dan yang kedua adalah panel kolektor yang berfungsi sebagai alat penyerap panas dari matahari. kedua bagian ini dihubungkan dengan bagian yang dinamakan pipa penghubung, sehingga menjadi satu kesatuan yang dinamakan alat pemanas air tenaga matahari.

Cara kerjanya dapat dilihat dari gambar diatas, yaitu sebagai berikut :

  1. Air Dingin masuk secara menyeluruh pada unit solar water heater (tangki dan panel kolektor)
  2. setalah penuh, maka air didalam tangki tidak akan berkurang sedikit pun walaupun kran air dibuka, dikarenakan solar water heater umumnya menggunakan tangki bertekanan, sehingga ketika terdapat air yang keluar maka sudah dipastikan ada air yang masuk
  3. Di pagi hari sekitar jam 10.00 proses pemanasan sudah berlangsung, panas matahari akan diserap oleh panel kolektor yang terdapat air didalamnya, sehingga air didalam kolektor menjadi panas, dan kemudian air yang panas tersebut secara alami naik ke tangki yang berada lebih tinggi dari kolektor dan air yang suhunya lebih rendah akan turun ke panel kolektor untuk dinaikkan suhunya. hal ini terjadi secara alami dan terus menerus sampai matahari tidak lagi memaparkan panas kebumi, hal inilah yang diebut dengan prinsip thermosipon.
  4. Setelah matahari tidak mengeluarkan panasnya (sekitar jam 4 sore) maka air panas sudah terkumpul sejumlah kapasitas yang tersedia. dan umumnya alat pemanas air tenaga matahari berkapasitas besar, mulai dari 100 liter hingga 300 liter. tangki ini mampu mencukupi untuk 2 kali mandi, yaitu sore dan pagi hari, dikarenakan saat malam tidak ada proses pemanasan.
  5. Siklus ini kembali terjadi keesokan harinya, sehingga air panas selalu terjada setiap saat di waktu matahari memaparkan panas nya ke bumi. adapun apabila matahari tidak tampak (mendung) umumnya solar water heater diberikan element heater sebagai back up ketika kondisi ini terjadi. sehingga apabila anda ingin tetap mandi air hangat, solar water heater masih dapat memproduksi air panas.

So apakah sudah jelas guys tentang cara kerja alat pemanas air tenaga matahari ini? kalo masih kurang jelas dan penasaran dengan alat ini, jangan sungkan untuk langsung WA kami di 0812.183.86.183 atau chat kami langsung dengan cara klik logo warna hijau dibagian bawah website ini. salam hangat dari kami guys. tunggu artikel-artikel menarik kami selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan? Chat Kami

Main Menu