Pertimbangkan hal ini sebelum menggunakan heat pump water heater!

Pertimbangkan hal ini sebelum menggunakan heat pump water heater

Beragam jenis pemanas air tentu disesuaikan untuk kebutuhan setiap pihak yang membutuhkan. Salah satu yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat adalah heat pump water heater. Kenapa heat pump water heater ini begitu populer?


Terdapat beberapa alasan, antara lain:

a. Memanaskan air dalam volume yang besar

b. Hemat biaya

c. Lebih tahan lama

d. Dapat menjadi pendingin

e. Mudah dipasang

Namun, sebelum Anda memilih heat pump water heater, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Apa saja?

a. Volume Air Panas yang Dibutuhkan

Untuk mengetahui kebutuhan air panas, Anda bisa menghitung jumlah pengguna air panas dari water heater tersebut. Perkiraan volume kebutuhan air panas bisa dihitung pada saat Peak Demand Load (PDL) atau Beban Puncak Pemakaian Air Panas.

Jika dibandingkan dengan water heater jenis lain, heat pump water heater dalam hal ini waktu pemanasannya lebih pendek. Selain itu, volume air panas yang dapat ditampung juga besar, mulai dari 1.000 liter, 1.500 liter, hingga 2.000 liter.

b. Daya Listrik

Heat pump water heater hanya membutuhkan kurang lebih 30%-45% daya listrik untuk mengaktifkannya. Hal ini membuat heat pump water heater dapat menghemat energi hingga 63% jika dibandingkan dengan pemanas air listrik. Secara tidak langsung, Anda turut melaksanakan kampanye hemat energi.

c. Efisiensi Biaya untuk Water Heater

Karena daya listrik yang digunakan rendah sehingga biaya yang disisihkan untuk penggunaan pemanas air pun dapat dihemat. Jadi, Anda tidak akan kaget ketika menerima tagihan listrik setiap bulannya.

d. Biaya Investasi Water Heater

Mungkin banyak masyarakat yang berpikir heat pump water heater jauh lebih mahal dibandingkan dengan pemanas air jenis lain. Namun, tentu ini sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. Misalnya saja, heat pump water heater ternyata lebih besar kapasitasnya, mereknya pun memiliki lisensi, seperti Ariston, lebih tahan lama, dan pelayanan purnajual yang terbaik.

e. Perawatan Purnajual

Ketika unit pemanas air rusak, Anda tidak perlu ragu untuk meminta perawatan dari distributor pemanas air di mana Anda membelinya. Biasanya untuk merek yang memiliki lisensi dan tepercaya, seperti Ariston, tersedia pelayanan purnajual yang siap diberikan untuk seluruh pelanggan Ariston, khususnya di Indonesia. Para teknisi Ariston juga siap datang ke lokasi konsumen untuk melakukan perbaikan segera.

f. Keamanan Konsumen dan Pengguna

Anda mungkin memiliki keraguan terhadap keamanan pemanas air. Namun, jangan khawatir, heat pump water heater memproduksi air panas menggunakan kompresor dengan Heat Exchanger (HE) yang dililitkan di luar tangki alias tidak langsung menyentuh air. Meskipun heat pump water heater juga memiliki elemen pemanas basah yang langsung bersentuhan dengan air, tetapi ini hanya digunakan sebagai cadangan pembangkit energi. Secara keseluruhan, heat pump water heater sangat aman dibandingkan dengan water heater elektrik.

Jadi, bagaimana? Masih ragu memilih heat pump water heater? Konsultasikan kebutuhan pemanas air Anda bersama kami melalui Direct Message Instagram @pemanasair.id atau hubungi Pemanas Air Indonesia di nomor 0812-8609-3507.

Complete and Enjoy Your Life.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan? Chat Kami

Main Menu