Benarkah Solar Water Heater Menggunakan Listrik?

Benarkah-Solar-Water-Heater-Menggunakan-Listrik

Membutuhkan pemanas air namun tidak ingin semakin boros listrik? Coba saja solar water heater atau yang dikenal sebagai pemanas air tenaga matahari. Mengapa harus solar water heater?

Saat ini solar water heater merupakan tipe pemanas air yang tengah diminati banyak orang. Hal ini karena solar water heater menggunakan tenaga matahari sebagai sumber energi utamanya sehingga dikatakan lebih hemat dibandingkan dengan jenis pemanas air lainnya. Lantas, bagaimana jadinya jika ketersediaan sinar matahari kurang memadai akibat cuaca mendung dengan curah hujan tinggi? Atau bagaimana kalau malam hari, apakah nanti saat digunakan, air panas yang dihasilkan jadi tidak maksimal?

Perlu diketahui sebelumnya, saat ada matahari, pemanas air akan menggunakan cahaya dari matahari sepenuhnya untuk memanaskan air. Jadi, listrik sama sekali tidak digunakan. Nah, penggunaan listrik baru digunakan saat hujan atau malam hari dengan fasilitas back up heater atau alat pemanas cadangan yang menggunakan sumber energi listrik yang tersedia di seluruh unit solar water heater. Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, komponen ini hanya bekerja ketika sinar matahari tidak memadai untuk memanaskan air sesuai temperatur minimal yang diperlukan. Dengan kata lain, back up heater diperlukan saat tangki pemanas air telah mencapai suhu paling minimum.

Adapun sistem back up heater itu sendiri dapat bekerja secara otomatis maupun manual. Jika terjadi penurunan suhu secara drastis di bawah temperatur minimum maka sistem ini akan aktif dengan sendirinya. Akan tetapi, penggunaan back up heater juga dapat diterapkan secara manual sesuai keinginan Anda. Caranya pun cukup mudah, yakni hanya dengan menyiapkan stopkontak atau MCB khusus untuk solar water heater.

Selain sistem kerjanya, Anda juga dapat memilih ukuran back up heater beserta besaran listriknya. Ukuran yang tersedia pun cukup beragam, mulai dari 100-150 liter dengan 800 watt dan 200-300 liter dengan 1500 watt. Pemilihan ukuran ini sejatinya tidak berpengaruh terhadap tagihan listrik, melainkan hanya berdampak pada cepat lambatnya proses pemanasan air. Jadi, Anda tidak perlu merisaukan tambahan biaya listrik akibat pemasangan solar water heater!

Oleh karena itu, gunakan solar water heater Ariston agar Anda bisa menikmati mandi air hangat di rumah tanpa perlu khawatir tagihan listrik melonjak.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera hubungi kami dan dapatkan produk solar water heater impian Anda!

Complete and Enjoy Your Life.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan? Chat Kami

Main Menu