Manfaat Tenaga Surya Tak Hanya Sebatas Pemanas Air

Manfaat Tenaga Surya Tak Hanya Sebatas Pemanas Air

Manfaat Tenaga Surya Tak Hanya Sebatas Pemanas Air

Siapa yang tak mengakui manfaat besar dari matahari? Tak diragukan lagi kalau matahari merupakan sumber energi terbesar di bumi. Energi matahari juga biasa disebut atau dikenal dengan energi surya.

Tak hanya satu, matahari terbukti mampu menghasilkan energi panas serta cahaya. Nah, kedua ini tentu sangat bermanfaat bagi kehidupan tak hanya manusia namun juga tumbuhan dan hewan sehari-hari.

Apa saja sih manfaat dari energi matahari atau energi surya dalam kehidupan sehari-hari:

1. Sebagai Alat Memasak
Zaman semakin canggih, memiliki peralatan pendukung aktivitas yang praktis tentu menjadi satu kenyamanan yang dituju banyak orang. Saat ini sudah ada peralatan memasak yang memanfaatkan energi surya seperti, solar cooker.

Bagi Anda yang belum terlalu familiar, solar cooker adalah perangkat masak yang memanfaatkan cahaya matahari secara langsung untuk aktivitas memasak. Mulai dari memanaskan hingga mensterilkan (pasteurisasi) bahan makanan dan minuman.

Bukankah menyenangkan saat cuaca sedang cerah dan temperatur tinggi, Anda dapat memasak di luar ruangan bersama dengan orang-orang tercinta tanpa listrik atau gas, cukup dengan solar cooker.

Cara kerja solar cooker adalah menyerap cahaya UV matahari kemudian mengubahnya menjadi sinar infrared. Nah, radiasi infrared ini lah yang kemudian membawa energi yang mampu memanaskan air, lemak, dan molekul protein pada makanan.

Memasak menggunakan panci lebih pas karena saat panci ditutup, radiasi infrared yang menghasilkan energi panas nantinya otomatis akan tertahan dan diserap oleh panci dan bahan makanan.

2. Mengaktifkan Penerangan
Penerapan energi surya yang paling familiar dan mudah bagi Anda dan kebanyakan orang adalah untuk kebutuhan penerangan (lampu), baik di dalam maupun luar rumah. Anda harus tahu bahwa lampu tenaga surya adalah lampu jenis LED yang dilengkapi dengan sebuah panel surya fotovoltaik, dan sebuah baterai isi ulang. Nah, lampu ini bekerja dengan bantuan energi tenaga matahari.

Cara kerjanya sendiri adalah, untuk lampu tenaga surya indoor, sebuah panel surya kecil dihubungkan dengan lampu LED yang memiliki tempat penyimpanan daya baterai terintegrasi. Agar lampu solarnya dapat digunakan, panel surya harus diletakkan di luar atau di samping jendela agar dapat menyerap cahaya matahari. Inilah yang kemudian mengubah daya dan mengalirkannya ke dalam tempat penyimpanan baterai lampu LED.

Sementara cara kerja untuk lampu solar outdoor, yaitu lampu yang biasa digunakan sebagai penerangan di taman sebenarnya tak jauh berbeda. Komponen yang terdapat pada lampu solar outdoor yaitu lampu LED, panel surya, baterai, charge controller, serta inverter. Panel surya pada penerangan luar ruangan akan terintegrasi dengan badan lampunya. Panel surya inilah yang akan menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi, menyimpannya pada baterai untuk kemudian disalurkan agar dapat menyalakan lampu LED saat malam hari.

3. Sebagai Alat Pemanas Air
Sudah bukan rahasia lagi kalau banyak di antara kita sangat membutuhkan air panas untuk mandi. Mandi air panas terbukti baik untuk kesehatan, khususnya bagi lansia, bayi, balita, dan mereka yang sedang sakit. Anda yang sudah berkeluarga tentu akan merasa kesulitan dalam memenuhi kebutuhan ini jika tidak dibantu alat yang praktis dan optimal.

Mesin pemanas air di rumah bisa menjadi jawaban. Mesin yang satu ini juga harus diperhatikan, mana yang paling ekonomis dan ramah lingkungan. Tentu saja jawabannya adalah pemanas air dengan tenaga surya. Pada pemanas air, sistem kerjanya adalah dengan langsung memanfaatkan cahaya matahari dan mengalirkan panasnya agar dapat meningkatkan temperatur air.

Komponen yang terdapat pada pemanas air sudah dilengkapi dengan tangki penyimpanan air yang sudah dipanaskan dari bagian kolektor penyerap panas sebelum dialirkan sesuai kebutuhan. Air panas yang diperoleh nantinya tentu memiliki kualitas dan suhu yang terjaga baik. Mungkin akan berbeda ketika Anda menggunakan air panas dengan cara konvensional, yaitu direbus.

Alat pemanas air tenaga surya bisa menjadi solusi bagi Anda dan keluarga yang membutuhkan air panas setiap hari di rumah. Namun, pastikan Anda memilih mesin pemanas air tenaga surya yang sudah terjamin kualitasnya. Selain itu pastikan juga Anda membeli pemanas air tenaga surya di tempat yang tak hanya menyediakan jasa pemasangan, namun juga layanan purna jual. Sehingga uang yang Anda keluarkan di awal tidak sia-sia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu