Gangguan Kesehatan yang dapat Diringankan dengan Terapi Air Hangat

Gangguan Kesehatan yang dapat Diringankan dengan Terapi Air Hangat

Sudah menjadi rahasia umum bahwa air hangat memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, salah satunya dapat merelaksasi tubuh usai lelah beraktivitas seharian. Hal ini disebabkan oleh terlepasnya hormon endorfin, yaitu hormon yang memberikan rasa nyaman dan bahagia ketika kulit bersentuhan dengan air hangat.

Tidak hanya itu, terapi air hangat juga bisa meringankan beberapa masalah kesehatan lain, lho. Lantas, apa sajakah itu?

Berikut adalah sederet gangguan kesehatan yang dapat diredakan dengan terapi air hangat. Simak penjelasannya sampai akhir, ya!

1. Gangguan Tidur

Bagi Anda yang mengidap insomnia, terapi air hangat bisa menjadi solusinya. Bukan omong kosong belaka, fakta ini sudah terbukti melalui penelitian yang diterbitkan oleh International Journal of Nursing Studies pada 2002 silam. Jurnal tersebut membuktikan bahwa mandi air hangat dapat menghasilkan efek menenangkan yang membuat kualitas tidur meningkat.

2. Sinusitis

Merendam kaki dengan air hangat selama 10 hingga 30 menit terbukti mampu meredakan peradangan pada rongga hidung. Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Meghan Bauer, seorang ahli naturopati asal Toronto. Bauer mengatakan bahwa panas dapat mengalirkan darah dari kepala dan sinus menuju kaki sehingga rasa tidak nyaman akibat sinusitis pun dapat diredakan.

3. Sembelit

Sembelit atau kesulitan buang air besar dalam jangka waktu yang cukup lama dipercaya dapat diatasi dengan berendam air hangat yang telah dicampur garam Epsom. Bukan tanpa sebab, garam tersebut diketahui memiliki efek pencahar yang kuat sehingga ketika dilarutkan dalam air hangat, senyawa ini akan melepaskan ion magnesium dan sulfat yang dapat merangsang pelepasan hormon pencernaan dan menarik lebih banyak cairan ke usus.

4. Kaligata

Kaligata merupakan penyakit kulit yang muncul dengan gejala berupa bentol-bentol di kulit disertai ruam kemerahan, rasa gatal, dan perih. Rasa gatal tersebut dapat diredakan dengan berendam air hangat yang dicampur oatmeal. Meski terdengar agak aneh, nyatanya sifat antiperadangan yang terkandung dalam oatmeal terbukti mampu meredakan gatal dan bengkak yang dialami oleh penderita kaligata.

5. Gejala Wasir

Pembengkakan dan peradangan pada rektum atau anus dapat menimbulkan rasa tidak nyaman akibat gatal. Untuk mengurasi rasa gatal tersebut, berendam air hangat bisa menjadi alternatif solusinya.

Nah, itulah beberapa gangguan kesehatan yang bisa diringankan dengan terapi air hangat. Terbukti, ‘kan, air hangat memiliki banyak manfaat untuk tubuh? Oleh karena itu, Anda tidak perlu ragu lagi untuk memasang pemanas air di rumah!

Pemanas Air Indonesia menyediakan beragam jenis alat pemanas air yang dilengkapi garansi resmi. Selain itu, kami juga menawarkan jasa pemasangan dan pengiriman secara GRATIS!

Jadi, tunggu apa lagi? Segera kunjungi Instagram kami di @pemanasair.id atau hubungi kami melalui nomor 0812-8609-3507

Complete and Enjoy Your Life.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh bantuan? Chat Kami

Main Menu