Cara Perawatan Pemanas Heat Pump Water Heater

Cara Perawatan Pemanas Heat Pump Water Heater

Cara Perawatan Pemanas Heat Pump Water Heater adalah kunci untuk mempertahankan kinerja optimal dan umur panjang perangkat pemanas air ini. Dengan langkah-langkah perawatan yang tepat, Anda dapat mengamankan efisiensi energi dan kehandalan sistem secara maksimal. Temukan panduan lengkapnya di artikel ini untuk menjaga investasi Anda dalam pemanas air.

Apa Itu Heat Pump Water Heater?

Heat Pump Water Heater adalah generasi terbaru dari pemanas air yang efisien dan ramah lingkungan. Banyak digunakan dalam sistem pemanas air di hotel, rumah sakit, dan bangunan komersial lainnya, perangkat ini menawarkan solusi yang lebih hemat energi dibandingkan metode konvensional. Teknologi heat pump memanfaatkan energi panas dari lingkungan sekitar untuk memanaskan air, sehingga mengurangi konsumsi listrik secara signifikan. Selain itu, penggunaannya juga membantu menurunkan emisi karbon, menjadikannya pilihan yang lebih berkelanjutan dan ekonomis untuk kebutuhan pemanas air dalam berbagai aplikasi komersial dan residensial.

Pembersihan Evaporator

  • Pembersihan evaporator perlu dilakukan secara berkala, tergantung pada tingkat polusi di lokasi pemasangan.
  • Langkah-langkah pembersihan meliputi penggunaan alat pembersih AC (Steam) dan penyemprotan air bersih pada kisi-kisi evaporator untuk menghilangkan kotoran. 

Perawatan Kompresor

Pengecekan Tekanan Freon:

  • Periksa tekanan Freon saat unit beroperasi menggunakan Gas Analyzer.
  • Pastikan tekanan gas sesuai dengan tekanan awal saat komisioning.

Pengecekan Arus Listrik:

  • Saat memeriksa tekanan Freon, periksa juga arus listrik Heat Pump menggunakan Clamp Meter atau Tang Ampere.
  • Pastikan arus listrik sama dengan kondisi saat komisioning awal.

Baca Juga : Sistem Kerja Heat Pump Water Heater

Perawatan Pompa Air

Pengecekan Arus Listrik:

  • Periksa arus listrik pompa menggunakan Clamp Meter atau Tang Ampere.
  • Pastikan arus listrik sesuai dengan spesifikasi pompa atau kondisi saat komisioning awal.

Pengecekan Debit Air:

  • Buka saluran Outlet Heat Pump untuk memeriksa debit air.
  • Pastikan debit air sama dengan kondisi komisioning awal. Pengukuran bisa dilakukan menggunakan Flow Meter atau dengan membandingkan jarak pancuran air dari pipa.

Perawatan Fan Motor

Pemeriksaan Arus Listrik:

  • Periksa arus listrik menggunakan Clamp Meter atau Tang Ampere.
  • Pastikan arus listrik sama dengan kondisi saat komisioning awal.

Pemeriksaan Komponen Elektrikal:

  • Periksa koneksi kabel pada soket. Jika ada yang kendor, kencangkan terminal yang kendor tersebut.
  • Bersihkan terminal yang berkarat menggunakan Contact Cleaner. Semprotkan Contact Cleaner pada permukaan PCB atau terminal elektrikal untuk memastikan koneksi yang bersih dan bebas karat.

Dengan mengikuti panduan perawatan di atas, pemanas air Heat Pump Water Heater Anda akan tetap berfungsi dengan baik dan memiliki umur panjang. Pastikan semua langkah dilakukan secara berkala dan sesuai dengan rekomendasi teknis untuk hasil terbaik.

Jika Anda mencari solusi efisien untuk pemanasan kolam renang, produk Heat Pump Water Heater Swimming Pool dari Pemanas Air Indonesia adalah pilihan yang tepat. Produk ini dirancang untuk memberikan kenyamanan maksimal dengan efisiensi energi yang tinggi. Dengan teknologi canggih dan desain yang ramah lingkungan, Anda dapat menikmati air kolam yang hangat sepanjang tahun tanpa khawatir tentang biaya energi yang tinggi.

Selain itu, membeli Heat Pump Water Heater di Pemanas Air Indonesia juga memberikan Anda keuntungan tambahan berupa gratis konsultasi dan layanan perbaikan oleh teknisi ahli jika water heater mengalami kerusakan. Dengan layanan ini, Anda dapat memastikan bahwa sistem pemanas air Anda selalu dalam kondisi terbaik dan siap digunakan kapan saja.

Segera hubungi PAI di nomor WA 0812-1370-6408 untuk pemesanan dan ikuti terus konten-konten bermanfaat dari PAI dengan follow official instagramnya @pemanasair.id ya!

Baca Juga : Perhatikan Ini Sebelum Beli Heat Pump Water Heater

Butuh bantuan? Chat Kami

Main Menu